Jenis MTB dan Peruntukannya

Jenis MTB dan Peruntukannya

Home » Stories » Jenis MTB dan Peruntukannya
Boyo Maladi | 23 November 2020

MTB atau mountain bike alias sepeda gunung banyak disuka karena cukup nyaman untuk melibas segala macam medan. Tapi, jangan salah! Ternyata ada banyak jenis MTB yang memang didesain sesuai dengan peruntukannya.

“Pemula wajib tahu, apalagi yang ingin ikut kompetisi, karena tiap jenis kompetisi MTB butuh sepeda yang memang didesain sesuai dengan trek dan kompetisinya,” buka Mohammad Abdul Hakim atau lebih akrab disapa Jambol, adalah atlet downhill dengan beberapa prestasi bersinar, baik di kejuaraan nasional Downhill, maupun Kejuaraan Asia MTB Series.

MTB XC (Cross Country)
Cross Country

 

Didesain untuk melibas jalan makadam hingga off-road ringan. MTB jenis ini juga dirancang untuk jalur on road, karena itu MTB XC menggunakan frame hard tail.

“Frame model ini tidak pakai suspensi belakang. Tujuannya supaya lebih ringan di tanjakan, sesuai dengan kejuaraan cross country yang berdurasi panjang, dan trek banyak tanjakan,” jelas Jambol.

MTB Trail
MTB Trail

 

Desain sepeda MTB Trail mirip dengan MTB XC. Namun sepeda ini diperuntukan untuk melibas medan yang lebih berat.

“Ada banyak turunan dan obstacle seperti rock garden (tumpukan bebatuan alami) sehingga sepeda jenis ini menggunakan suspensi belakang. Selain itu fork depan MTB jenis ini juga lebih tinggi dari MTB XC, yakni memiliki panjang travel antara 120-140 milimeter,” jelas Jambol.

MTB All Mountain
MTB All Mountain

 

Diciptakan untuk melibas trek pegunungan. Karena itu ciri khas model ini ada pada suspensi depannya yang berukuran 140 - 160 mm. MTB All Mountain juga dibekali suspensi belakang, sehingga cukup nyaman untuk melibas jalan makadam sekalipun.

“Model balapannya sudah mendekati downhill, tapi durasinya lebih panjang, dan ada tanjakannya juga. Karena itu dibikin fork dengan travel lebih panjang biar di turunan lebih enak,” jelas Jambol.

MTB Enduro