Trek Bukit Klangon Pilihan Tepat Untuk Wisata Sambil Melatih Skill Bersepeda Downhill

Trek Bukit Klangon Pilihan Tepat Untuk Wisata Sambil Melatih Skill Bersepeda Downhill

Home » Stories » Trek Bukit Klangon Pilihan Tepat Untuk Wisata Sambil Melatih Skill Bersepeda Downhill
Boyo Maladi | 24 February 2024

Jika Anda mencari tempat yang tepat untuk melatih skill bermain sepeda downhill, sambil berwisata alam bersama keluarga, sepertinya Bukit Klangon yang berada di kaki Gunung Merapi, tepatnya berlokasi di Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman - Yogyakarta adalah pilihan yang tepat.

"Treknya enak, enggak begitu curam tapi speed-nya tetap laju. Ada pedaling-nya, tapi enggak berat-berat banget. Sangat recommended buat latihan meningkatkan skill," buka Mohammad Abdul Hakim, atlet nasional Downhill asal Jepara yang saat ini tergabung dalam 76Rider Downhill Squad.

"Selain itu pemandangannya bagus, terus udaranya juga segar," imbuh Jambol, sapaannya.

Bukit Klangon berada di kaki Gunung Merapi tepatnya pada ketinggian kurang lebih 1.100 meter di atas permukaan laut. 

Mengutip dari situs resmi Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, pengelola wisata Bukit Klangon memang telah menyediakan fasilitas berupa trek downhill. 

Anda bisa bersepeda menyusuri jalur yang disediakan. Jalurnya yang naik-turun dan terdapat beberapa bagian yang terjal akan menguji adrenalin. 

Bahkan trek downhill Bukit Klangon diklaim sebagai yang terbaik di Yogyakarta. Tak heran kalau lokasi ini sering dijadikan sebagai tempat untuk menyelenggarakan event bersepeda.

Berikut ini beberapa poin tambahan tentang fasilitas trek downhill di Bukit Klangon dikutip dari beberapa sumber.

 

Tantangan Medan yang Beragam

Lintasan downhill di Bukit Klangon menawarkan variasi medan yang mencakup tanah naik-turun dan bahkan terjal. Ini memberikan tantangan berbeda bagi para pengendara sepeda dan melatih kemampuan mengatasi berbagai jenis medan.

Adrenalin dan Keseruan

Bersepeda downhill adalah aktivitas yang penuh adrenalin dan keseruan. Ketika melewati medan yang menantang, pengendara merasakan sensasi kecepatan dan kendali sepeda yang intens.

Event Bersepeda

Bukit Klangon juga menjadi tuan rumah berbagai acara bersepeda, termasuk event yang melibatkan perjalanan dari Jogja menuju Bukit Klangon. Ini menunjukkan popularitas Bukit Klangon di kalangan pecinta sepeda, khususnya downhill.

Pengembangan Skill

Arena downhill adalah tempat yang ideal bagi pengendara sepeda gunung untuk mengembangkan keterampilan teknis dan menguji ketangkasan mereka. Ini juga dapat menjadi peluang bagi mereka yang ingin belajar bersepeda downhill dengan panduan ahli.

Komunitas Pecinta Downhill

Dengan adanya fasilitas arena downhill dan event bersepeda, komunitas pecinta sepeda gunung downhill dapat berkumpul dan berbagi pengalaman. Ini menciptakan lingkungan sosial yang positif dan mendukung.

Keselamatan Penting

Meskipun menawarkan kesenangan dan tantangan, keselamatan tetap menjadi yang utama. Pengendara sepeda harus mematuhi aturan, menggunakan perlengkapan pelindung, dan menghormati pedoman yang ditetapkan oleh pengelola.

Terkait dengan keselamatan, tak ada salahnya Anda juga memantau aktivitas Gunung Merapi.

Mengutip dari Kompas.com, erupsi Gunung Merapi pada 11 Maret 2023 lalu memang mempengaruhi beberapa tempat wisata sekitar, salah satunya wisata Bukit Klangon. 

Namun sehari setelah erupsi, wisata Bukit Klangon sudah buka, tapi lokasi camping masih ditutup sementara saat itu. Selain itu, jam operasional bagi wisatawan yang berkunjung dibatasi hanya sampai pukul 17.00 WIB. 

"Dua bulanan kemarin temanku main kesana, trek downhill Bukit Klangon sudah dibuka kok. Kalau saya terakhir main dan berkompetisi di sana sudah agak lama, dulu tahun 2022," info Jambol. ***

 

Sumber:

https://visitingjogja.jogjaprov.go.id/26405/bukit-klangon-sudut-terbaik-melihat-puncak-merapi/

https://www.tiketmasuk.com/bukit-klangon/

https://travel.kompas.com/read/2023/03/12/210100927/bukit-klangon-buka-lagi-usai-erupsi-merapi-11-maret-2023-camping-tutup



MORE STORIES