Tommy Salim Sabet 4 Podium Di Kejurnas Supermoto Putaran 4 Jogja

Tommy Salim Sabet 4 Podium Di Kejurnas Supermoto Putaran 4 Jogja

Home » Stories » Tommy Salim Sabet 4 Podium Di Kejurnas Supermoto Putaran 4 Jogja
Boyo Maladi | 13 September 2023

Tommy Salim, pembalap nasional yang tergabung dalam 76Rider Supermoto Squad sukses menyabet empat podium dari 4 kelas yang diikutinya pada Superadventure Supermoto Race 2023 Seri 4 Kejurnas yang berlangsung di Sirkuit Mandala Krida, Yogyakarta, pada Sabtu-Minggu, 26-27 Agustus 2023.

Meski demikian, dengan mental juara yang dimilikinya, raihan ini belum memuaskan pembalap kelahiran Surabaya, 25 Januari 1995 ini.

Sebab dari empat podium yang dikuasainya, sejauh ini masih belum menggengam podium pertama yang diincarnya.

“Untuk kelas Trail 180, saya menempati podium ke-3. Sudah lebih lumayan sih setelah kami bawa motor baru, WR155,” buka Tommy yang sebelumnya lebih mengandalkan CRF150 namun hasilnya kurang maksimal.

“Saat masih pakai CRF150, posisi terbaik yang bisa saya raih hanya podium ke-3 di seri 1 Tasikmalaya. Namun setelah itu, sulit naik podium. Baru kali ini bisa kembali naik podium dengan WR155,” lanjutnya.

Sementara di kelas Trail 250, Tommy menempati posisi ke-2 atau runner up. ” Ya, belum rejeki aja karena sebetulnya sudah berpeluang merebut podium pertama. Tapi sayang kemarin mengalami missed gear. Kurang ati-ati saat menikung sehingga nabrak karung dan tuas persneling pindah sendiri ke gigi netral,” sesal Tommy.

Ya, saat itu Tommy sudah menempati posisi terdepan, dengan balap hanya menyisakan dua putaran saja. Akibat kesalahan ini, Tommy kehilangan satu posisi dan turun ke posisi ke-2.

Di kelas bergengsi, FFA, harus diakui, pada kejurnas Supermoto ini, Farudilla Adam menjadi lawan terberat Tommy.

Di kelas FFA 250, Tommy harus bertarung ketat melawan Farudilla Adam yang ia akui lebih unggul dengan skill motocross yang ia miliki.

“Memang di kelas FFA 250 ini, yang terjadi murni persaingan dengan Farudila Adam. Saya kalah dalam hal teknik jumping, karena dia berangkat dari basic motocross, sementara saya dari road race,” kata Tommy.

Dengan basic motocross yang ia miliki, Farudilla Adam menurut Tommy punya kelebihan dalam hal cepat di tikungan dan jumpingan. 

Farudilla bisa lebih jauh saat jumping. Teknik motocross ini yang belum Tommy kuasai dengan baik.

Begitu pula di kelas FFA 450, Tommy masih harus puas di posisi podium ke-3. 

Dengan berakhirnya seri ke-4 kejurnas motocross ini maka sekarang tinggal tersisa satu putaran lagi yang akan digelar pada 28 Oktober 2023 di Kemayoran, Jakarta.

Tommy masih punya kesempatan untuk fight melawan Farudilla Adam di kelas FFA250. “Untuk klasemen sementara, Ia masih tertinggal 11 poin dari Farudilla Adam di kelas FFA250. Meskipun begitu, Tommy tidak mau berhitung tentang kemungkinan dan peluang, dan lebih memilih fokus untuk fight di seri ke-5 nanti. 



MORE STORIES