Pentingnya Makanan Bernutrisi, Dan Berat Badan Ideal Bagi Recovery Atlet Downhill

Pentingnya Makanan Bernutrisi, Dan Berat Badan Ideal Bagi Recovery Atlet Downhill

Home » Stories » Pentingnya Makanan Bernutrisi, Dan Berat Badan Ideal Bagi Recovery Atlet Downhill
Boyo Maladi | 20 October 2020

Jadwal kejuaraan downhill itu sangat panjang dan padat. Dimulai pada hari Rabu yang diisi dengan sesi walking track, atau observasi medan yang dilakukan dengan jalan kaki. Kemudian keesokan harinya diteruskan dengan latihan bebas selama 3 kali run dalam durasi 1 – 2 jam. Begitu juga pada hari Jumat yang juga diisi latihan bebas, tapi dengan durasi lebih panjang 3 – 4 jam yang bisa menghabiskan 6 kali run.

Pada hari Sabtu dilakukan seeding run atau kualifikasi untuk menentukan urutan start. Sebelum seeding run ada ada juga latihan bebas. Begitu pula pada hari Minggu yang menjadi sesi paling menentukan, yakni Final Run. Sebelumnya juga dilakukan latihan bebas.

“Itulah kenapa, recovery atau pemulihan kondisi tubuh ini sangat penting bagi atlet downhill. Malah sangat penting, karena sudah menjadi bagian dari latihan,” buka Muhammad Abdul Hakim atau lebih akrab disapa Jambol, adalah atlet downhill dengan beberapa prestasi bersinar, baik di kejuaraan nasional Downhill, maupun Kejuaraan Asia MTB Series.

Menariknya, recovery ini tak hanya terkait dengan ‘mengistirahatkan’ otot saja saja. Tapi juga kondisi tubuh atlet downhill itu sendiri. “Seberapa baik nutrisi yang ada dalam tubuhnya. Termasuk juga berat badan yang ideal,” ujar Jambol.

Kenapa bisa begitu? Dijelaskan oleh Jambol, untuk bisa tampil prima dalam kejuaraan downhill, seorang atlet dituntut memiliki endurance, dan sekaligus power yang mumpuni. Itu artinya, mereka harus makan dengan kandungan nutrisi cukup banyak untuk menggantikan kalori dan lemak dalam tubuh yang banyak terbakar saat latihan.

Baca Juga: Tips Long Wheelie Untuk Pemula Ala Jambol

Meski demikian, Jambol sendiri mengaku tidak terlalu ribet soal menu makanan. “Yang penting nutrisi atau gizi dalam tubuh terpenuhi dengan sayur dan buah-buahan,” kata Jambol yang juga mengonsumsi suplemen untuk segera memulihkan kondisi tubuhnya usai latihan atau kejuaraan.

Selain itu yang penting untuk dijaga soal makanan ini menurut Jambol adalah menghindari makanan berminyak, atau berlemak. “Sebab berat tubuh ideal juga sangat penting agar tidak mudah lelah dan cepat bugar. Ini akan sulit kalau tubuh kita kelebihan berat badan,” ujar Jambol yang disiplin menjaga berat badannya agar stabil di 68 kg.

“Dulu saya pernah menitikberatkan latihan jarak jauh, untuk meningkatkan endurance, sehingga badan saya jadi agak kurus karena kalori banyak terbakar. Tapi yang saya rasakan justru power menurun. Eh begitu saya coba menambah berat badan jadi di atas 70 kg, jadinya malah gampang capek,” kisah Jambol yang mengaku pas dengan berat badannya yang sekarang. (BM)



MORE STORIES