Jambol Rekomendasikan 3 Trek Downhill Yang Aman Buat Rider Pemula

Jambol Rekomendasikan 3 Trek Downhill Yang Aman Buat Rider Pemula

Home » Stories » Jambol Rekomendasikan 3 Trek Downhill Yang Aman Buat Rider Pemula
Boyo Maladi | 25 March 2024

Memilih trek downhill untuk latihan bagi rider pemula ternyata tidak boleh asal. Sebab harus diingat, downhill merupakan salah satu cabang mountain bike, olahraga extreme sports yang berbahaya.

 “Sebisa mungkin, trek tidak terlalu bahaya tapi juga harus mempunyai obstacle yang lengkap karena tujuannya juga untuk melatih skill rider,” buka Mohammad Abdul Hakim alias Jambol, atlet nasional asal Jepara yang telah lama malang melintang di kejuaraan downhill, baik tingkat nasional maupun internasional.

Untuk obstacle yang lengkap, lebih lanjut Jambol merinci paling tidak trek downhill untuk beginner harus memiliki cornering, drop, speed, jumping, dan juga pedaling section di bagian bawah.

“Supaya tidak terlalu berbahaya, pilih trek dengan elevasi yang tidak terlalu curam, tapi tetap cukup laju,” lanjut Jambol.

Selain itu ia menambahkan, hindari juga trek dengan banyak jurang dan curam.

“Karena itu, obstacle seperti negative section enggak dianjurkan karena biasanya mengarah ke jurang. Juga obstacle berupa rock garden, atau roots garden yang terlalu sulit dan berbahaya jika terjatuh,” kata Jambol.

Menariknya, Jambol juga memberikan rekomendasi beberapa trek downhill yang tepat untuk rider pemula, dengan ketentuan itu tadi. Obstacle cukup lengkap, tapi tetap aman.

Seperti apa sih trek yang dimaksud Jambol? Langsung saja kita simak.

Salip Putih Salatiga

Trek Salip Putih di Salatiga ini menurut Jambol tidak terlalu curam sehingga tidak terlalu ekstrem. “Tapi ada cornering yang bisa buat latihan, dan tidak ada jurang,” kata Jambol.

Selain itu, trek Salip Putih ini juga mempunyai drop yang kebanyakan tidak terlalu tinggi. “Memang ada satu drop yang tinggi, tapi tetap ada opsi untuk melewatinya, sehingga bisa dipakai untuk latihan. Cukup aman dengan karakter tanahnya yaitu tanah merah,” simpul Jambol.

Jurang Jeru Jogja

Meski namanya sedikit bikin bergidik, tapi ternyata trek Jurang Jeru yang ada di Jogja ini, menurut Jambol, justru punya jalur yang aman bagi pemula.

“Hampir sama dengan trek Salip Putih, di Jurang Jeru ini enggak ada jurang dan enggak terlalu curam,” info Jambol.

Ia menambahkan, trek Salip Putih memiliki cornering, dan banyak jumpingan.

“Jadi bisa buat main-main, dan karakter trek lebih berpasir. Jadi meskipun hujan seperti saat ini, tetap enak buat latihan karena tanah enggak licin,” kata Jambol.

Cikole Lembang Bandung

Alternatif lain trek yang aman dan ideal untuk rider downhill pemula adalah Cikole Lembang di Bandung. Menurut Jambol, meski hanya ada satu trek, tapi trek Cikole ini memiliki banyak jalur yang cocok untuk pemula.

“Ya memang agak menantang bagi pemula, tapi trek Cikole ini memiliki obstacle yang komplet. Mulai dari cornering, jumpingan, drop, speed dengan elevasi yang enggak curam, tapi tetap laju,” tutur Jambol.

Selain itu di bagian bawah juga ada pedaling section yang cocok untuk digunakan melatih power dan kekuatan kaki rider. 



MORE STORIES