Intip Trik Terbaru Yang Diulik Wendy Purnama

Intip Trik Terbaru Yang Diulik Wendy Purnama

Home » Stories » Intip Trik Terbaru Yang Diulik Wendy Purnama
Boyo Maladi | 23 August 2020

“Yang saya kembangkan saat ini, adalah meng-kombo tailwhip dengan one-hand,”


Tailwhip adalah trik yang jamak dimainkan oleh BMX freestyler dalam atraksi yang dimainkannya. Melayang di udara, dengan frame sepeda (tail) berputar 360 derajat mengelilingi setang dan fork.

Bagi Wendy Purnama Putra, freestyler asal Yogyakarta, trik tailwhip ini akan lebih menarik jika dikombinasikan dengan trik lain.

“Yang saya kembangkan saat ini, adalah meng-kombo tailwhip dengan one-hand,” buka Wendy yang baru saja pulang dari Banyuwangi dan Bromo untuk syuting dengan FOX Sports.

Dari sini bisa kebayang, bagaimana susahnya melakukan tendangan kaki agar frame berputar dan lalu melepaskannya, dilanjut dengan menjaga keseimbangan saat melayang di udara, dan mencari timing yang tepat untuk menangkap frame yang berputar itu dengan kaki. Yang perlu diingat, ini semua dilakukan dengan satu tangan!

Baca Juga: Whip Style Trik Paling Keren Di Dunia

“Untuk bisa melakukannya, pertama kita dituntut dulu untuk matang dengan trik dasarnya, yaitu jumping, tailwhip, dan one-hand. Setelah itu, baru kita bisa merangkaikannya dalam satu trik baru, yaitu tailwhip one-hand,” ujar Wendy yang tidak merekomendasikan trik ini dicoba oleh pemula.

“Sebab faktor kesulitannya tinggi. Tailwhip biasa aja yang dilakukan dengan dua tangan sudah cukup sulit. Ini apalagi dengan hanya satu tangan. Antara keseimbangan,  timing semua harus tepat. Kalau tidak tepat ya akan terjungkal ke depan dan jatuh ke bawah,” wanti Wendy sambil menyarankan sebaiknya saat latihan dilakukan dengan ada alas berupa air bag atau busa untuk menghindari cedera.

Baca Juga: Wendy Purnama Trick Rider Bmx Sekarang Gokil

Ide Wendy memodifikasi tailwhip ini setelah melihat banyaknya freestyler luar negeri yang sudah menciptakan jurus-jurus kombo terbaru untuk tailwhip. Sebut saja, tailwhip bar-spin, dan tailwhip no-hand ini.

“Saya jadi tertarik karena di sini belum ada yang memainkan tailwhip kombo. Ya sudah, saya coba aja ngulik tailwhip one-hand ini dengan beberapa pengembangan lagi ke depannya. Misal tailwhip one-hand dengan 4-5 kali putaran. Itupun masih bisa dikembangankan lagi dengan ditambah back flip atau three-sixty,” kata Wendy yang sampai sekarang merasa masih belum ‘katam’ dengan trik kombo ini, dan masih terus berlatih. (BM)



MORE STORIES