Fasya Ahsana Dapat Pelajaran Penting Pada Laga Final BMX Race Di Asian Games 2023 Di Hangzhou-China

Fasya Ahsana Dapat Pelajaran Penting Pada Laga Final BMX Race Di Asian Games 2023 Di Hangzhou-China

Home » Stories » Fasya Ahsana Dapat Pelajaran Penting Pada Laga Final BMX Race Di Asian Games 2023 Di Hangzhou-China
Boyo Maladi | 11 November 2023

Kapolres Temanggung beserta Forkopimda setempat menyambut dan mengarak keliling kota atlet BMX peraih medali emas pada gelaran Asian Games 2023 di Hangzhou-China.

Pada acara yang digelar Kamis, 12 Oktober 2023 itu, Amellya Nur Sifa, atlet peraih medali emas dalam cabang olahraga BMX Race didampingi oleh Fasya Ahsana Rifki, atlet nasional BMX kelahiran Temanggung, 27 Juli 2000 yang tergabung dalam 76Rider BMX Squad.

Memang pada laga final BMX Race di Asian Games 2023 di Hangzhou-China itu, Fasya gagal mengamankan medali setelah terjatuh pada babak menentukan itu.

“Karena itu saya terharu, meski gagal mendapat medali, tapi tetap mendapat penghargaan dari Pemkab Temanggung atas upaya mengharumkan nama Pemkab dan negara dalam Asian Games 2023,” komentar Fasya pada 76Rider.

Pada kesempatan itu, Fasya juga menyampaikan selamat kepada rekannya, Sifa yang telah mengukir prestasi gemilang.

“Jujur, saya terlalu bersemangat saat itu. Setelah melihat Sifa berhasil meraih emas, saya langsung optimis juga dapat medali. Minimal perunggu karena peluang itu sebenarnya udah keliatan,” lanjut Fasya yang sebelumnya menempati posisi ke-3 di ajang Asian BMX Championship yang digelar di Filipina pada 16 Juli 2023 lalu. 

Tapi karena terlalu bersemangat itulah Fasya kemudian mengaku melakukan kesalahan. “Awalnya selepas start, saya senggolan sama atlet Korea. Dan kemudian setelah jumpingan pertama, karena line saya ketutup, saya pun coba cari celah. Tapi sayangnya, roda bagian depan saya terkena roda belakang atlet China hingga terjatuh,” ungkap Fasya.

Dari sinilah Fasya mengaku mendapat pelajaran berharga, betapa kontrol diri sangat diperlukan ketika race

“Pokoknya jangan terlalu bersemangat, meskipun semangat itu perlu. Tapi paling penting harus sabar,” lanjut Fasya yang saat ini kembali fokus untuk menyiapkan dirinya menghadapi Olimpiade Paris 2024.

“Sementara ini belum tahu, kapan masuk pelatnas lagi. Yang jelas sekarang ini sudah masuk off-season. Jadi saya harus nunggu tahun depan untuk bisa berkompetisi lagi supaya lolos mendapatkan tiket ke Olimpiade Paris 2024,” pungkas Fasya sambil meminta restu dan doa untuk keinginannya mengharumkan nama daerah dan negara di pesta olahraga terbesar dunia itu. 



MORE STORIES