Cedera Kaki? Jangan Panik, 3 Tips Ini Pulihkan Cedera

Cedera Kaki? Jangan Panik, 3 Tips Ini Pulihkan Cedera

Sepeda downhill termasuk olahraga yang sangat berisiko. Perpaduan antara mengatur kecepatan yang pas dengan lintasan bebatuan dan pepohonan sangat menantang bagi para peminat downhill. Lintasan tersebut penuh resiko dan rawan kecelakaan yang dapat menyebabkan patah tulang maupun ligamen yang rusak.
 
Sebagai pelatih atlet sepeda gunung dan motocross, Alan Milway menjelaskan tentang cedera kaki dalam bersepeda gunung dan juga tips bagaimana cara pemulihan sampai kondisi kembali prima. Simak ulasannya dari www.redbull.com.
 
Jika riders bersepeda menggunalan pedal clip-in, sepatu yang digunakan biasanya hanya dilengkapi sol yang kaku dengan cleat yang terpasang. Jika riders mengendarai pedal datar gaya BMX, sepatu yang digunakan biasanya hanya sepatu datar tanpa perlindungan pada pergelangan kaki.
 
Cedera pergelangan kaki yang paling umum adalah patah tulang. Pengendara punya kecenderungan untuk mendaratkan kaki saat pertama kali jatuh dari ketinggian.



Peraih medali perak junior Joe Breeden pun pernah mengalami cedera seperti ini. Bagaimana tips tepat untuk pulih dari cedera seperti ini?
 
Istirahat
Mengurangi pembengkakan dan nyeri dilakukan dengan cara istirahat. Bisa juga dengan menekan pergelangan kaki dan kompres dengan air dingin di sekitarnya. Terapi mengangkat kaki juga akan mempercepat proses penyembuhan ini.
 
Pembedahan
Untuk mengurangi sakit atau nyeri lebih lanjut, dapat melalui tindakan medis dengan menyisipkan pin sejajar dengan tulang.
 
Rehab
Rehab sangat penting untuk dapat mengendalikan kaki maupun pergelangan kaki. Pastikan posisi tubuh benar-benar nyaman saat melangkah dan melakukan gerakan. Hal ini juga dapat mengembalikan keseimbangan tubuh. 


MORE STORIES