Others

Others

Home » Stories » Others
| 01 January 1970

 
Indonesia dikenal memiliki bentang alam yang luar biasa dan begitu potensial untuk olahraga ekstrim. Banyak pelancong dari berbagai belahan dunia kini melirik Indonesia bahkan ‘Enduro Master’ asal Britania, Graham Jarvis yang beberapa waktu lalu sempat menjajal track menarik di salah satu sudut nusantara tepatnya di Pulau Kalimantan. 
 
76Rider coba mengulik beberapa lokasi yang tampaknya menarik untuk menjadi destinasi olahraga ekstrim di Indonesia. Berikut destinasi yang bisa dikumpulkan tim dari berbagai sumber: 
 
1. Downhill 
 
 
Ada beberapa lokasi yang layak didatangi untuk memacu adrenaline menuruni bukit. Pertama di Ternadi Bike Park Kudus yang memiliki track standar internasional dan karakter tanah merah yang cukup khas. Ternadi Bike Park ini sejak dua tahun terakhir juga menjadi langganan event Internasional bertajuk 76 Indonesian Downhill yang tercatat dalam kalender UCI. 
 
Bergeser ke timur, ada Klemuk di Batu, Jawa Timur yang selama ini dikenal punya track ekstrim bagi penggemar downhill dari dalam dan luar negeri. Track ini bahkan pernah dijajal Troy Brosnan, pembalap Worldcup asal Australia beberapa tahun silam. 
 
Satu lagi terletak di Pulau Dewata, Bali. Bali punya Bali Bike Park yang berada di Buleleng. Track ini cukup terkenal hingga ke mancanegara di mana turis-turis asing yang menjadi penggemar olahraga ekstrim pasti akan menyempatkan mampir ke Buleleng demi memuaskan adrenaline. 
 
2. Motocross
 
 
Untuk olahraga ekstrim yang satu ini, Indonesia juga punya beragam track menarik yang layak dijelajahi baik profesional maupun penghobi. Salah satunya di Lereng Merapi, Yogyakarta di mana track menarik ini akan menjadi tantangan dalam melibas lintasan pasir berpadu batuan sisa letusan gunung salah satu yang teraktif di Indonesia ini. 
 
Kiram-Gunung Mawar Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan saat ini juga menjadi pilihan apalagi setelah Graham Jarvis datang pada bulan Maret 2019 lalu. Jarvis yang dijuluki Raja Enduro bahkan sempat beraksi nyeleneh saat menaklukkan hutan di Kalimantan dengan menaiki motor penjual bakso tusuk dan sempat viral di dunia maya. 
 
Pangkal Pinang Kepulauan Riau dan Semarang, kedua tempat ini sangat dikenal belakangan oleh pecinta motocross di Indonesia bahkan dunia. Betapa tidak, dua daerah ini di tahun 2018 lalu menjadi tuan rumah gelaran MXGP yang diikuti pembalap motocross terbaik dari seluruh dunia. 
 
3. BMX 
 
 
Untuk yang satu ini, mungkin kita tak bisa lupakan wilayah Banyuwangi, Jawa Timur yang punya event berskala Internasional. Muncar International Circuit bahkan mulai dikenal di Asia dan bahkan hingga Australia karena pembalap BMX terbaiknya pernah menjajal event di Banyuwangi International BMX tersebut. 
 
Jepara, wilayah di Jawa Tengah bagian utara ini tak bisa dilepaskan juga dari peta menarik BMX Indonesia. Banyaknya kejuaraan selevel nasional membuat Jepara menjadi penghasil atlet nasional BMX yang cukup banyak hingga saat ini. Daerah Jepara kemudian beralih ke downhill dan mencatat emas Asian Games 2018 melalui Khoiful Mukhib. Tak heran Jepara dengan track-track alaminya layak dijelajahi pecinta olahraga BMX. 
 
Jakarta, dengan status Ibukota tentu saja punya berbagai taman freestyle BMX dan tak boleh begitu saja dikesampingkan. Beberapa kejuaraan level internasional juga sempat diadakan di Jakarta dengan banyaknya komunitas freestyle BMX hingga saat ini. 
 
4. Panjat Tebing

 
 
Lembah Harau Payakumbuh Sumatera Barat pastilah menjadi destinasi pertama dengan tebing setinggi 80 hingga 300 meter. Bentang alam yang didominasi bukit batu membuat para penantang adrenaline tak pernah melepaskan jadwal menjelajahi tebing-tebing di sana. 
 
Citatah Bandung Barat di daerah Jawa Barat juga memiliki tebing dengan tinggi hingga 125 meter yang bisa menjadi pemacu adrenaline penikmat olahraga ekstrim yang berada di Indonesia. Citatah ini sering jadi rujukan pecinta panjat tebing khususnya di kawasan Jawa Barat. 
 
Pantai Siung Gunungkidul Yogyakarta juga tak bisa dikesampingkan meski hanya punya tebing setinggi 20 meter. Namun begitu adanya potensi 250 jalur dengan tingkat kesulitan berbeda membuat banyak pecinta panjat tebing jatuh cinta menaklukkan tebing di pinggir laut ini. 
 
Bambapuang, Sulawesi Selatan juga memiliki tantangan tersendiri dengan tinggi 350 meter. Di tebing ini, pemanjat harus siap bermalam dengan melayang lantaran dibutuhkan waktu lebih panjang menaklukkan lintasan hingga tiba di puncak tebing. 
 
Di ujung timur Indonesia tentu saja tak bisa kita lupakan tebing Cartensz di Jayawijaya, Papua. Tak semua bisa sampai di tebing ini karena terlebih dahulu harus mendaki gunung yang puncaknya masih tertutup salju meski saat ini semakin menipis. 
 
5. Skateboard
 
 
 
Bicara skateboarding pasti kita akan tertuju ke Jakarta dengan banyak skatepark yang menarik seperti Kalijodo, TMII, Puink, dan masih banyak lagi. Di Jakarta pula lahir atlet-atlet berbakat yang mewakili Indonesia di kancah Internasional. 
 
Bali, menjadi salah satu tempat yang kental dengan akulturasi budaya Indonesia dan barat. Banyak skatepark berada di Bali termasuk pumptrack yang cukup jarang ada di Indonesia. Tak heran jika Bali menjadi salah satu lokasi yang bisa dituju pecinta olahraga skateboarding.
 


MORE STORIES