5 Wisata Extreme Sport Pemacu Adrenalin Di Indonesia

5 Wisata Extreme Sport Pemacu Adrenalin Di Indonesia

 
Indonesia dikenal memiliki bentang alam yang luar biasa dan begitu potensial untuk olahraga ekstrim. Banyak pelancong dari berbagai belahan dunia kini melirik Indonesia bahkan ‘Enduro Master’ asal Britania, Graham Jarvis yang beberapa waktu lalu sempat menjajal track menarik di salah satu sudut nusantara tepatnya di Pulau Kalimantan. 
 
76Rider coba mengulik beberapa lokasi yang tampaknya menarik untuk menjadi destinasi olahraga ekstrim di Indonesia. Berikut destinasi yang bisa dikumpulkan tim dari berbagai sumber: 
 
1. Downhill 
 
 
Ada beberapa lokasi yang layak didatangi untuk memacu adrenaline menuruni bukit. Pertama di Ternadi Bike Park Kudus yang memiliki track standar internasional dan karakter tanah merah yang cukup khas. Ternadi Bike Park ini sejak dua tahun terakhir juga menjadi langganan event Internasional bertajuk 76 Indonesian Downhill yang tercatat dalam kalender UCI. 
 
Bergeser ke timur, ada Klemuk di Batu, Jawa Timur yang selama ini dikenal punya track ekstrim bagi penggemar downhill dari dalam dan luar negeri. Track ini bahkan pernah dijajal Troy Brosnan, pembalap Worldcup asal Australia beberapa tahun silam. 
 
Satu lagi terletak di Pulau Dewata, Bali. Bali punya Bali Bike Park yang berada di Buleleng. Track ini cukup terkenal hingga ke mancanegara di mana turis-turis asing yang menjadi penggemar olahraga ekstrim pasti akan menyempatkan mampir ke Buleleng demi memuaskan adrenaline. 
 
2. Motocross
 
 
Untuk olahraga ekstrim yang satu ini, Indonesia juga punya beragam track menarik yang layak dijelajahi baik profesional maupun penghobi. Salah satunya di Lereng Merapi, Yogyakarta di mana track menarik ini akan menjadi tantangan dalam melibas lintasan pasir berpadu batuan sisa letusan gunung salah satu yang teraktif di Indonesia ini. 
 
Kiram-Gunung Mawar Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan saat ini juga menjadi pilihan apalagi setelah Graham Jarvis datang pada bulan Maret 2019 lalu. Jarvis yang dijuluki Raja Enduro bahkan sempat beraksi nyeleneh saat menaklukkan hutan di Kalimantan dengan menaiki motor penjual bakso tusuk dan sempat viral di dunia maya. 
 
Pangkal Pinang Kepulauan Riau dan Semarang, kedua tempat ini sangat dikenal belakangan oleh pecinta motocross di Indonesia bahkan dunia. Betapa tidak, dua daerah ini di tahun 2018 lalu menjadi tuan rumah gelaran MXGP yang diikuti pembalap motocross terbaik dari seluruh dunia. 
 
3. BMX