Nyali Aja Ngga Cukup! Safety Gear Wajib Ala Agha

Nyali Aja Ngga Cukup! Safety Gear Wajib Ala Agha

Penggemar otomotif khususnya Motocross kini semakin bertambah. 76 Trial Games, Supermoto, Grasstrack, Dirtbike hingga Enduro memiliki penggemar yang semakin hari semakin bertambah banyak. 
 
Nah, kira-kira apa saja yang yang dibutuhkan penunggang Motocross ini untuk mengamankan tubuh saat melibas track? Yuk ikutin tips dari 76Rider, Agha Riansyah yang mau berbagi info apa saja perlengkapan yang dikenakan saat memacu si kuda besi. 

 

Menurut Agha nih, mulai dari atas yang pertama harus dikenakan yakni helm fullface dengan standar dunia atau Indonesia (SNI). Helm ini memegang peran penting untuk melindungi kepala saat terjadi benturan keras. 
 
Masih di kepala, sepaket dengan helm, Riders juga harus menggunakan googles yang fungsinya untuk melindungi mata dari batu, pasir, tanah atau benda apapun yang mengarah ke mata. “Googles ini bisa dilapisi lensanya dengan anti gores, jadi kita punya dua kaca gitu, kalau anti goresnya sudah kotor bisa dilepas dan pandangan bisa jernih lagi karena masih ada lensa yang didalam,” ungkapnya. 
 
Turun ke bawah sedikit ada Neck Brace dan Body Protector yang juga wajib melekat di badan. “Neck Brace fungsinya untuk mengurangi jarak antara helm dan badan, jadi kalau jatuh leher kita aman karena terlindungi. Nah kalau Body Protector fungsinya jelas melindungi organ bagian dada dan punggung juga jika terjadi benturan,” sambung atlet 76Rider ini. 
 
Bergeser lagi menurut Agha yang tak kalah penting digunakan yakni Knee Protector dan Elbow Guard. Keduanya melindungi siku dan lutut dari benturan secara langsung yang mungkin efeknya bisa menimbulkan lecet dan bahkan patah tulang. 
 
“Setelah itu, yang juga sangat penting tentu saja sepatu boots yang dianjurkan di atas lutut. Tapi saat ini banyak pabrikan yang sudah mendesain sepatu khusus Motocross yang tingginya hampir mengenai lutut jadi aman dan saya prefer pakai itu, aman,” lanjut pembalap asal Kediri ini. 

 

Nah, setelah semua perlengkapan tadi, yang juga tak boleh dilupakan yakni glove atau sarung tangan. Equipment satu ini punya fungsi menarik yakni agar pegangan kita pada handlebar tak licin. 
 
“Glove ini sekarang banyak brand baik lokal maupun Internasional yang kualitasnya sama-sama oke. Terpenting glove itu membuat pegangan kita ke handlebar tidak licin dan kita mudah saat mengatur tarikan gas, cukup penting jadi tak boleh dilupakan,” pungkas Agha. 
 
Nah, kira-kira itu peralatan yang sebaiknya digunakan saat kita berkendara Motocross agar tetap aman dan nyaman saat melibas medan. So, sudah siap pacu motormu?
 


MORE STORIES