Ingin Jago Whip? Kuasai Tekniknya

Ingin Jago Whip? Kuasai Tekniknya

Berjuang untuk mempelajari gaya whip ini? Kelima kiat teratas dari https://www.redbull.com/se-en/how-to-whip-mountain-bike-guide akan menunjukkan cara memulainya.


Trik seperti double backflips dan tailwhips mungkin terlihat sangat keren untuk dilakukan, namun terdapat satu trik klasik yang juga tak kalah keren dan seru untuk dilakukan, yaitu Whip. Meskipun terlihat sederhana, tetapi tetap membutuhkan banyak waktu, usaha dan latihan. Berikut ini adalah tips terbaik yang bisa dilakukan untuk memulainya.

1. Kuasai salah satu handicap jumping


Perlu adanya rasa nyaman ketika melompat dengan sepeda. Pada bagian awal bisa dimulai dengan lompatan kecil, lalu beralih dan menemukan lompatan dengan ketinggian yang cukup. Pentingnya menemukan rasa nyaman saat berada di udara. Setelah berulang kali melakukan jumping di handicap yang sama dan pastikan juga kalau kalian benar-benar nyaman dan mendapatkan feel serta timing yang cukup untuk melakukan whip. Mulailah dengan sedikit demi sedikit gerakan menyamping dengan sepeda anda saat diudara dengan dorongan pinggul atau tumpuan kaki yang mengarahkan roda untuk menyamping

2. Posisi pada “start” memperbesar kemungkinan sukses


Trik Whip yang baik dimulai saat jauh sebelum berada di udara. Hal yang perlu dilakukan adalah mengendalikan sepeda dengan cara bergerak membentuk lengkungan yang tepat sebelum melompat. Gerakan ini dilakukan dengan halus sehingga sepeda bisa mendapatkan momentum yang pas untuk mulai bergerak ke samping. Cara perputarannya pun unik, jika memutar roda depan ke kiri maka perputaran bahu perlu gerakan berlawanan searah jarum jam. Jika memutar roda depan ke kanan, maka bahu perlu berputar searah jarum jam.
 
 
3. Posisikan badan sesuai kenyamanan dan kemantapan saat hendak whip

Setelah memahami trik ini, perlu memulai secara bertahap dengan menggerakkan roda belakang ke samping. Sementara roda depan berputar dari lengan,hal ini juga bisa membantu dorongan roda belakang untuk cepat menyamping. Selain hal itu juga perlu ditekankan bahwa gerakan pinggul dan dorongan kaki terhadap pedal sangat berpengaruh besar untuk roda belakang bergerak secara menyamping.
Seperti biasa, mulai dari hal yang kecil dan mencoba dengan cara tersendiri. Melakukan lompatan dan gerakkan roda belakang yang lebih jauh setiap kali latihan. Tetap fokus dan tekankan kekuatan kaki sebagi pengendali utama sepeda kalian.
 
 
4. Fokus mata menjadi kunci pendaratan sempurna


Meluruskan sepeda untuk mendapatkan pendaratan yang baik biasanya menjadi bagian yang tersulit. Hal ini mirip dengan lepas landas tapi hanya dengan cara terbalik. Memutar roda depan ke kiri dan roda belakang ke arah berlawanan membuat putaran sepeda menjadi berhenti. Sedangkan perubahan ke arah lain akan membuat prosesnya menjadi terbalik. Perubahan momen ini akan membuat sepeda kembali lurus untuk mendapatkan pendaratan yang manis.
Jangan khawatir, selama di udara pastikan bahwa kalian melakukan whip dengan enjoy dan rileks. Hal tersebut sangat penting untuk melanjutkan fokus mengembalikan posisi sepeda agar lurus kedepan, seperti halnya jika kalian melakukan whip dengan menekuk stang ke arah kiri maka dipastikan roda belakang akan mengarah ke kanan depan. Untuk mengembalikannya cukup putar kembali stang ke arah kanan dan tarik kaki ke arah kiri begitu pun sebaliknya. Fokus mata harus tetap terjaga lurus ke arah pendarata karena secara tidak disadari mata kita juga bisa mengontrol kemana arah dorongan kita saat melakukan jumping.
 

5. Tingkatkan jam terbang untuk mendapat kesempurnaan trik


Tips terakhir adalah trik Whip termasuk proses yang berkembang. Memulai dari yang kecil dapat memungkinkan terjadi perkembangan karier. Walaupun membutuhkan waktu yang lama untuk terlihat seperti pro, tetapi trik whip ini menjadi salah satu rasa terbaik dalam bersepeda gunung.
Rasa semangat untuk melakukan latihan sangat diperlukan. 1-7 sesi pertemuan pertama akan menjadi sesi terberat. Oleh karena itu perlu tetap fokus dan semangat agar kalian tidak mudah down untuk latihan di sesi selanjutnya. Tenang, belajar trik ini pasti sepadan dengan usaha yang sudah dikeluarkan kok!