4 Tips Memilih Gloves Untuk Perlindungan Terbaik

4 Tips Memilih Gloves Untuk Perlindungan Terbaik

Fungsi dari sarung tangan pada saat bersepeda merupakan salah satu faktor penting yang tidak bisa dilupakan, terlebih lagi jika tangan sudah berkeringat. Hal ini tentunya akan mengurangi kenyamanan serta keamanan.

Mengenakan sarung tangan sepeda bukan hanya mengenai masalah gaya atau perlindungan terhadap suhu dingin. Sarung tangan sepeda mempunyai peran penting dalam hal keamanan. Membantu memberikan pegangan yang lebih mantap pada handlebar atau stang berkat adanya material dan desain khusus serta melindungi tangan dari cedera jika terjatuh.
Maka dari itu pilihlah sarung tangan yang tepat dengan beberapa tips berikut.

1. Sarung tangan tipe full gloves atau half gloves?

Terdapat beberapa jenis sarung tangan seperti sarung tangan pendek yang tidak menutupi jari-jari. Bagi beberapa rider, sarung tangan jenis ini mampu memberikan sentuhan terbaik dan tidak mengurangi kenyamanan saat pengereman atau shifting. Sementara sarung tangan panjang yang menutupi keseluruhan tangan dan jari-jari serta membantu pada saat berada di cuaca yang buruk. Selain itu sarung tangan full gloves memiliki proteksi lebih baik, sebagai contoh jika rider terjatuh pada medan berbatu atau kasar, maka akan dapat meminimalisir terjadinya cedera atau luka yang lebih serius.

2. Ukuran yang tepat

Sarung tangan biasanya tersedia dalam beberapa ukuran seperti small, medium, large, bahkan extra large. Sarung tangan yang tidak sesuai dengan ukuran tangan dapat mengakibatkan slip, sedangkan sarung tangan yang kekecilan bisa menghambat aliran darah. Menentukan ukuran yang tepat adalah hal terpenting dalam memilih sarung tangan, demi kenyamanan dan keamanan bersepeda.

3. Selalu cek bantalan dan grip pada bagian telapak tangan

Bantalan pada sarung tangan berfungsi untuk meredam efek kejut. Sedangkan grip berfungsi untuk makin memantapkan genggaman terutama saat telapak tangan dibasahi oleh keringat. Sarung tangan bertekstur di bagian telapak tangan akan membantu untuk menjaga dan meningkatkan grip.

4. Pertimbangkan material yang digunakan

Faktor penting selanjutnya adalah memperhatikan bahan dari sarung tangan yang digunakan. Paling sering ditemui, sarung tangan sepeda memiliki bahan sintetis seperti akrilik, poliester, dan polypropylene. Selain untuk melindungi tangan, fungsi utama sarung tangan ini adalah untuk meredam getaran pada handlebar ketika melewati jalanan kasar hingga medan ekstrem bebatuan.

Sebagai tambahan, berikut adalah perbedaan sarung tangan untuk rider MTB dan road bike:

Perbedaan utamanya adalah pada fungsinya. Kedua jenis sarung tangan bersepeda ini dirancang untuk memberikan perlindungan khusus pada medannya masing-masing.

Sarung tangan MTB dirancang untuk memberikan daya cengkeram dan perlindungan yang sangat baik, terlepas dari kenyamanannya. Untuk memberikan perlindungan yang memadai, hampir semua sarung tangan MTB memiliki telapak tangan empuk yang dilapisi dengan bahan anti selip yang memberikan cengkeraman kuat pada stang.

Sebaliknya, sarung tangan untuk rider road bike tidak dirancang untuk memiliki daya cengkeram yang kuat atau perlindungan yang maksimal, tetapi dirancang untuk mengurangi sebanyak mungkin ketidaknyamanan yang disebabkan oleh getaran. Karena road bike memiliki suspensi yang lebih “lemah” dibandingkan dengan sepeda gunung, maka getaran yang dirasakan menjadi lebih besar ke tangan rider. Karena alasan inilah, sarung tangan yang diproduksi untuk jenis road bike ini dilapisi dengan lapisan penyerap goncangan, di samping fitur lain yang dikembangkan khusus untuk jenis ini.


MORE STORIES