Merah Putih Kembali Berkibar Di Pentas Internasional

Merah Putih Kembali Berkibar Di Pentas Internasional

Lagi, lagi dan lagi Pebalap Indonesia dari Astra Honda Racing Team yang juga baru saja melakoni debutnya di gelaran 76 Trial Game Asphalt, Gerry Salim, berhasil menjuarai balapan pertama kelas Asia Production (AP) 250 pada seri ketiga ajang Asia Road Racing Championship (ARRC) 2017 di Sirkuit Suzuka, Jepang,(3/6/2017).

Pebalap asal Surabaya Jawa Timur berjuluk si bonek itu sukses mencapai garis finish pertama di depan duo pembalap Jepang yakni Takehiro Yamamoto diposisike-2 dan Tomoyoshi Koyama diposisi ke-3, untuk meraih kemenangan keempat musim ini. Dengan hasil di Suzuka tersebut, Gerry kembali menambah pundi-pundi pada rekening poinnya menjadi 100 dan unggul 6 poin atas Yamamoto di posisi ke-2 klasemen sementara kelas AP250.


Balapan pertama kelas AP250 di Suzuka yang berlangsung dalam delapan lap ini berjalan ketat. Gerry yang memulai balapan dari posisi terdepan langsung melesat saat start dan memimpin lomba selepas tikungan pertama. Juara kelas 250 dan 450cc 76 Trial Game Asphalt di Manahan Solo itu membentuk grup terdepan bersama empat pebalap lain, yaitu Yamamoto, Koyama, Rheza, dan Anupab Sarmoon. Gerry, Yamamoto, Koyama, dan Rheza bergantian memimpin lomba pada lima lap pertama. Pada lap keenam, Gerry mulai membuka jarak dengan rival. Namun, dia tak bisa lepas dari kejaran Rheza, Yamamoto, dan Koyama. Di sisi lain, Anupab mengalami masalah teknis dan tak bisa melanjutkan lomba.

Gerry Salim sempat unggul 0,4 detik atas Yamamoto pada lap ketujuh. Namun keunggulan Gerry terus terpangkas saat memasuki lap terakhir. Pada lap kedelapan, duel antara Gerry, Yamamoto, Rheza, dan Koyama semakin sengit. Pada tiga tikungan terakhir, Gerry hampir bersenggolan dengan Yamamoto yang agak nakal dengan bermain sikut. Gerry tetap mampu mempertahankan posisi terdepan dan finis dengan keunggulan tipis 0,066 detik di depan Yamamoto. Namun, Rheza yang sudah berada di posisi ketiga disalip Koyama sehingga gagal naik podium. "Terima kasih kepada Astra Honda Racing Team dan seluruh masyarakat Indonesia. Ini kemenangan yang sulit karena dua pebalap Jepang sangat kuat. Namun, saya berusaha tetap berada di grup terdepan sepanjang lomba dan pada lap terakhir saya berjuang mempertahankan posisi terdepan hingga berhasil finis pertama," kata Gerry. (RW)

Hasil Balapan Pertama Kelas AP250 (5 Besar):

  1. Gerry Salim (Indonesia/Honda) 20 menit 02,437 detik
  2. Takehiro Yamamoto (Jepang/Honda) +0,066 detik
  3. Tomoyoshi Koyama (Jepang/Honda) +0,508 detik
  4. Rheza Danica Ahrens (Indonesia/Honda) +0,676 detik
  5. Muklada Sarapuech (Thailand/Honda) +11,407 detik

Klasemen Sementara Kelas AP250 (5 Besar):

  1. Gerry Salim (Indonesia/Honda) 100 Poin
  2. Takehiro Yamamoto (Jepang/Honda) 94 Poin
  3. Rheza Danica Ahrens (Indonesia/Honda) 73 Poin
  4. Anupab Sarmoon (Thailand/Yamaha) 72 Poin
  5. Tomoyoshi Koyama (Jepang/Honda) 57 Poin

Images: motomazine.com , iwanbanaran.com



MORE STORIES