Apa Sih Pentingnya Gabung Komunitas BMX?

Apa Sih Pentingnya Gabung Komunitas BMX?

Home » Stories » Apa Sih Pentingnya Gabung Komunitas BMX?
Boyo Maladi | 21 July 2021

“Banyak teman, banyak rejeki…” Begitu kata Wendy Purnama Putra, pemain BMX freestyle profesional yang saat ini tergabung dalam 76Rider BMX Freestyle.

Bagi Wendy, komunitas adalah tempat mencari ilmu sekaligus rezeki. 

“Sebab bareng komunitas ini kita tak hanya berkesempatan latihan bareng sambil berbagi ilmu, tapi juga memperbanyak relasi yang sangat penting untuk mendapat sponsor, maupun endorsement,” jelasnya. 

Meskipun menurut Wendy kehadiran komunitas BMX Freestyle sudah merata di hampir semua kota, tapi jika tidak ada bisa dibuat sendiri.

Dari sinilah menurut Wendy komunikasi dan kolaborasi itu akan tercipta. Komunitas ini apabila eksis dan aktif tampil maka anggotanya pasti akan bertambah. 

“Dari sini biasanya muncul gagasan mau ngapa-ngapain. Bikin event lah, tampil di tempat umumlah, latihan bersama dan lain-lain,” kata Wendy. 

Dengan didukung marketing yang tepat melalui medsos, maka event sekecil apapun yang dibikin akan terdengar gaungnya. Apalagi menurut Wendy, sebuah activity bisa menjadi identitas suatu kota atau tempat.

“Ya seperti saya dan teman-teman bikin kegiatan Janti Airbag dulu. Aslinya itu kegiatan kecil-kecilan lha wong cuma latihan bersama aja. Tapi karena gaungnya terdengar sampai ke mana-mana, akhirnya sampai juga ke tingkat nasional dan akhirnya dilirik sama 76Rider dan kemudian didukung untuk dibesarkan sekalian,” kisah Wendy. 

Bahkan komunitas ini akhirnya berkembang menjadi event organizer (EO). 

“Saya dan teman-teman pun akhirnya punya EO yang bikin event tahunan sebelum pandemi lalu di Kustomfest Jogja,” tuturnya.

Selain itu, di momen-momen tertentu, Wendy dan komunitasnya juga rajin bikin event

“Seperti pas puasa bikin acara ngabuburit, lalu event malam tahun baru, agenda bulanan itu pasti, kemudian ada juga event lokal,” beber Wendy sambil menambahkan dari sinilah relasi dengan brand lokal maupun sponsor akan terjalin.

Untuk itu, Wendy menyarankan bagi pecinta BMX Freestyle untuk bergabung atau mendirikan komunitas. 

“Setahu saya enggak ada syarat khusus kok untuk gabung komunitas itu. Selama punya attitude yang bagus, mudah berbaur dengan teman-teman pasti gampang diterima di komunitas manapun,” tutup Wendy. (BM)



MORE STORIES