Ananda Rigi Aditya Ungkap Keikutsertaannya Dalam Indian Supercross Racing League (ISRL) 2024

Ananda Rigi Aditya Ungkap Keikutsertaannya Dalam Indian Supercross Racing League (ISRL) 2024

Home » Stories » Ananda Rigi Aditya Ungkap Keikutsertaannya Dalam Indian Supercross Racing League (ISRL) 2024
Boyo Maladi | 21 February 2024

Ananda Rigi Aditya menjadi satu-satunya pembalap Indonesia yang tahun ini berkesempatan berlaga di CEAT Indian Supercross Racing League (ISRL) 2024, sebuah liga supercross berbasis franchise atau waralaba pertama di dunia yang digelar di India.

“Kami telah bermitra dengan para atlet di seluruh dunia untuk berkompetisi dalam berbagai format dan kategori, mendorong batas keterampilan mereka dan menginspirasi para pembalap India untuk mencapai tingkatan baru.”

Demikian kutipan dari situs resmi Indian Supercross Racing League yang menjelaskan maksud dari liga supercross berbasis waralaba ini.

Agar lebih jelas, 76Rider bertanya langsung kepada Ananda Rigi, tentang keterlibatannya di Indian Supercross Racing League 2024 ini.

“Jadi saya diundang untuk mengikuti total seri dari Indian Supercross Racing League 2024 ini,” buka Nanda, sapaan pembalap motocross berbakat asal Lamongan, Jawa Timur ini.

“Jadi selain diikuti pembalap India, penyelenggara Indian Supercross Racing League ini juga mengundang pembalap-pembalap top dari beberapa negara yang mendaftar dan terpilih untuk ikut. Dan dari Indonesia, kebetulan saya yang terpilih,” lanjut Nanda yang tahun ini akan menginjak usia 21 tahun.

Nah Nanda kemudian menjelaskan, di Indian Supercross Racing League 2024 ini ada 6 tim balap besar di India yang menjadi pemegang hak waralaba.

Mereka adalah BB Racing, SG Speed Racers, Gujarat Trailblazers, Bigrock Motorsports, Mohite’s Racing Team, dan Reise Motosports.

Masing-masing tim ini diperbolehkan memiliki maksimal 2 pembalap per kategori. Adapun empat kategori atau kelas yang dilombakan adalah 450cc International, 250cc International, 250cc India & Asia, 85cc Junior India & Asia.

“Pembalap undangan yang mendaftar dan terpilih ini kemudian dilelang, masuk tim mana gitu. Kebetulan saya masuk ke tim Gujarat Trailblazers,” ungkap Nanda yang berduet dengan pembalap asal Sri Lanka Jacques Gunawardena di kelas 250cc India & Asia.

Selain itu Nanda mengaku tidak keluar duit sepeser pun untuk mengikuti Indian Supercross Racing League 2024 ini.

“Malah kita yang dibayar,” senyum Nanda yang mengaku daftar ikut Indian Supercross Racing League 2024 ini kira-kira 6 bulan yang lalu.

“Sebetulnya ada pembalap Indonesia lain yang mau daftar, tapi sudah full pembalapnya dan lelangnya juga sudah selesai,” ujar Nanda yang rencana akan mengikuti total 3 seri Indian Supercross Racing League 2024.

“Jadi selama mengikuti 3 seri itu, saya tidak menetap di India tapi bolak-balik. Kebetulan ada jeda 2 minggu antar serinya,” jelas Nanda.

Enaknya, selain dibayar, semua pengeluaran transport dan akomodasi ditanggung tim. “Semua free dan dapat fee dari tim Gujarat Trailblazers,” kata Nanda yang pasang target bisa bersaing dengan pembalap Asia.

Sebagai informasi, Indian Supercross Racing League 2024 akan digelar 3 putaran, dengan putaran pembukaan berlangsung di Kompleks Olahraga Shree Shiv Chhatrapati, Balewadi, Pune pada 28 Januari 2024.

Dilanjutkan dengan putaran berikutnya di Ahmedabad (EKA Arena, Transstadia) pada 11 Februari 2024, dan putaran terakhir akan berlangsung di Delhi pada 25 Februari 2024.

Indian Supercross Racing League 2024 sendiri diikuti total 104 pembalap, terdiri dari 73 pembalap internasional dan 31 pembalap India. 

Beberapa nama pembalap terkenal dari berbagai negara yang berkompetisi termasuk di antaranya adalah Matt Moss (juara 9 kali MX dan SX Australia), Lorenzo Camporese (juara 4 kali Supercross Italia), Anthony Raynard dari Afrika Selatan, Thomas Ramette dari Prancis, Nico Koch (pembalap MXGP asal Jerman), Rugved Barguje (juara nasional India sebanyak 3 kali), Jacques Gunawardena (pembalap asal Sri Lanka juara 3 Dubai Motocross Championship 2019 & juara 3 FIM Asian MX Championship 2013), dan Ananda Rigi Aditya (pembalap Indonesia juara nasional 65cc Novice 2013, juara 1 Asia Junior MX 85cc 2015, juara nasional MX2 Junior 2017).

Indian Supercross Racing League 2024 juga membuka kelas Junior 85cc yang diikuti oleh pembalap lokal India, termasuk dua pembalap wanita, Aleena Mansur Shaikh dan Nithila Das.

Ini semua menggambarkan bagaimana upaya Federation of Motor Sports Clubs of India (FMSCI) selaku “IMI-nya” India bekerjasama dengan Team SX1 selaku organizer dalam menggairahkan olahraga balap sekaligus menginspirasi para pembalap India untuk mencapai tingkatan baru. 



MORE STORIES