76Rider DH Squad Latihan Terus Selama Bulan Puasa

76Rider DH Squad Latihan Terus Selama Bulan Puasa

Home » Stories » 76Rider DH Squad Latihan Terus Selama Bulan Puasa
Boyo Maladi | 12 March 2024

Memasuki bulan puasa ini, 76Rider DH Squad yang diisi rider papan atas Khoiful Mukhib dan Mohammad Abdul Hakim alias Jambol masih terus giat berlatih menjaga skill dan kebugaran tubuh.

“Hanya saja jadwal latihan berubah selama bulan puasa ini, selain intensitas dan repetisi dikurangi,” buka Mukhib. Selain itu, sebagian besar kegiatan latihan dilakukan pada sore hari.

Ia pun mencontohkan, jadwal latihan Senin pagi diisi latihan endurance 1 jam saja, atau lebih singkat ketimbang hari biasa yang bisa 2 jam.

“Kemudian sore harinya menjelang buka dilakukan recovery biasanya dengan bersepeda santai menggunakan sepeda putar-putar kota atau blusukan ke desa-desa,” kata Mukhib sambil menambahkan menu latihan hari Senin hampir sama dengan Selasa dan Rabu.

Untuk Kamis sedikit beda karena diisi recovery saja pada pagi harinya, sementara sorenya off. “Kalau ini sudah tradisi, biasanya Kamis sore diisi dengan kegiatan ziarah dan kirim doa ke anggota keluarga yang meninggal,” kata Mukhib.

Sementara untuk Jumat, recovery dilakukan pagi hari dan sorenya diisi dengan kegiatan nge-gym.

 “Recovery ini nggak harus diisi dengan bersepeda santai ya. Kadang ketika cuaca kurang bagus atau hujan seperti saat ini, bisa diganti dengan recovery menggunakan roller atau static bike. Atau kadang bisa juga jadwalnya dipindah ke sore,” jelas Mukhib.

Masuk akhir pekan, jadwal latihan hari Sabtu diisi dengan latihan di trek. “Biasanya agak lama ya. Mulai selepas Duhur atau di atas jam 13 siang sampai sore hari jelang berbuka,” kata Mukhib sambil menambahkan kegiatan latihan di trek sekali dalam seminggu ini bisa juga dilakukan hari Minggu.

“Kadang kita seling dengan kegiatan lain seperti trabasan bareng komunitas sebagai refreshing,” kata Mukhib yang tergabung dalam komunitas ini bersama Jambol.

Komunitas trabasan yang dimaksud ini adalah Nonjor-Nonjor yang beranggotakan penghobi sepeda gunung berusia 30 tahun ke atas.

“Kadang kita ikut trabasan dengan mereka di jalur-jalur yang tidak terlampau berat,” timpal Jambol.

“Biasanya kordinasi dilakukan lewat WA group, bisa penentuan jalurnya dan meeting point pemberangkatannya,” pungkasnya. 



MORE STORIES